Kenapa Bermain?
Kami percaya bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Dan bagi anak-anak, teman terbaik dalam bermain adalah orangtua, guru, atau orang dewasa lainnya. Karena bermain tak sekadar tentang bersenang-senang, tapi juga tentang internalisasi karakter, kemampuan, dan pengetahuan lewat cara yang menyenangkan.
Apa itu STEAM?
STEAM merupakan kepanjangan dari Science,
Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics. Salah satu area yang memegang
peranan penting dalam kehidupan manusia di abad ke-21 ini. Gadget yang kita
pegang saat ini misalnya, adalah buah dari pengetahuan dan keterampilan di
ranah STEAM.
Kami memandang pentingnya
menumbuhkan minat anak terhadap STEAM. Dan tentu saja, mengurangi atau
menghilangkan pandangan horor anak-anak terhadap sains, matematika, dan
kawan-kawannya yang seringkali dianggap sulit. Caranya? Bermain!
Bermain STEAM
Bermain STEAM tak hanya memperluas
pengetahuan, tapi juga menumbuhkan kemampuan / keterampilan anak seperti
kreativitas, inovasi, kolaborasi, estetika, berpikir sistematis, hingga
berpikir artistik, dengan masuknya Arts ke dalam STEM. Bila ditemani dengan
baik, bermain STEAM dapat menjadi wadah belajar secara informal dan kontekstual
bagi anak-anak. Iya, belajar tak harus kaku.
Secara alami, anak-anak terlahir
sebagai peneliti dan insinyur cilik yang handal. Mereka mempunyai rasa ingin
tahu yang tinggi, diiringi kemampuan mengamati sesuatu (objek) dengan baik. Juga,
kecenderungan bermain menyusun sesuatu dan -tentu saja- menghancurkan atau
memisahkan sesuatu untuk melihat bagaimana sesuatu itu bekerja. Inovasi dan
orientasi mencipta -bukan mengkonsumsi- lahir dari kemampuan ini. Sayang rasanya
jika kita membiarkan naluri peneliti dan insinyur ini perlahan menyusut karena tak
mengindahkan kebutuhan bermain anak.
Mainsteam.org
Mainsteam.org hadir sebagai
referensi ide-ide bermain STEAM bersama anak, terutama untuk orangtua, guru dan
orang dewasa lainnya sebagai teman bermain anak. Di portal ini, kami membagi bermacam
eksperimen, proyek, desain teknik, bahkan jalan-jalan yang dapat mewarnai
variasi kegiatan bermain bersama anak, sambil mengenal STEAM dalam nuansa
informal. Setiap kegiatannya dilengkapi dengan foto, video, dan narasi penjelasan
ilmiah yang ringan, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak, serta
dikaitkan dengan konteks anak-anak di Indonesia. Ide-ide bermain STEAM akan di update secara reguler di mainsteam.org
sebagaimana kami mencobanya terlebih dahulu.
Walau begitu, dibutuhkan peran
orangtua, guru, atau orang dewasa lainnya untuk menyesuaikan kadar penjelasan ilmiah yang
hendak diberikan kepada anak. Hati-hati untuk tidak menjejali anak dengan konten,
dan melupakan esensi utamanya, bermain.
Dengan bermain STEAM bersama anak,
kami berharap tumbuhnya ikatan kuat antara anak dengan orangtua -bukan anak dengan
gadget-, karena anak-anak yang hebat
berasal dari keluarga yang kuat dan harmonis.
No comments:
Post a Comment