Tentang MAINSTEAM



Kenapa Bermain?

Kami percaya bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Dan bagi anak-anak, teman terbaik dalam bermain adalah orangtua, guru, atau orang dewasa lainnya. Karena bermain tak sekadar tentang bersenang-senang, tapi juga tentang internalisasi karakter, kemampuan, dan pengetahuan lewat cara yang menyenangkan.

Apa itu STEAM?

STEAM merupakan kepanjangan dari Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics. Salah satu area yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia di abad ke-21 ini. Gadget yang kita pegang saat ini misalnya, adalah buah dari pengetahuan dan keterampilan di ranah STEAM.

Kami memandang pentingnya menumbuhkan minat anak terhadap STEAM. Dan tentu saja, mengurangi atau menghilangkan pandangan horor anak-anak terhadap sains, matematika, dan kawan-kawannya yang seringkali dianggap sulit. Caranya? Bermain!

Bermain STEAM

Bermain STEAM tak hanya memperluas pengetahuan, tapi juga menumbuhkan kemampuan / keterampilan anak seperti kreativitas, inovasi, kolaborasi, estetika, berpikir sistematis, hingga berpikir artistik, dengan masuknya Arts ke dalam STEM. Bila ditemani dengan baik, bermain STEAM dapat menjadi wadah belajar secara informal dan kontekstual bagi anak-anak. Iya, belajar tak harus kaku.

Secara alami, anak-anak terlahir sebagai peneliti dan insinyur cilik yang handal. Mereka mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, diiringi kemampuan mengamati sesuatu (objek) dengan baik. Juga, kecenderungan bermain menyusun sesuatu dan -tentu saja- menghancurkan atau memisahkan sesuatu untuk melihat bagaimana sesuatu itu bekerja. Inovasi dan orientasi mencipta -bukan mengkonsumsi- lahir dari kemampuan ini. Sayang rasanya jika kita membiarkan naluri peneliti dan insinyur ini perlahan menyusut karena tak mengindahkan kebutuhan bermain anak.

Mainsteam.org

Mainsteam.org hadir sebagai referensi ide-ide bermain STEAM bersama anak, terutama untuk orangtua, guru dan orang dewasa lainnya sebagai teman bermain anak. Di portal ini, kami membagi bermacam eksperimen, proyek, desain teknik, bahkan jalan-jalan yang dapat mewarnai variasi kegiatan bermain bersama anak, sambil mengenal STEAM dalam nuansa informal. Setiap kegiatannya dilengkapi dengan foto, video, dan narasi penjelasan ilmiah yang ringan, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak, serta dikaitkan dengan konteks anak-anak di Indonesia. Ide-ide bermain STEAM akan di update secara reguler di mainsteam.org sebagaimana kami mencobanya terlebih dahulu.

Walau begitu, dibutuhkan peran orangtua, guru, atau orang dewasa lainnya untuk menyesuaikan kadar penjelasan ilmiah yang hendak diberikan kepada anak. Hati-hati untuk tidak menjejali anak dengan konten, dan melupakan esensi utamanya, bermain.

Dengan bermain STEAM bersama anak, kami berharap tumbuhnya ikatan kuat antara anak dengan orangtua -bukan anak dengan gadget-, karena anak-anak yang hebat berasal dari keluarga yang kuat dan harmonis.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...