Friday, June 24, 2016

Engineering Project: Mobil Tenaga Karet



Halo STEAM-ers! Kali Pak Koko akan mengajak kalian bermain menjadi insinyur (engineer). Kita akan membuat miniatur mobil yang bisa berjalan tanpa bahan bakar (bensin)! Iya, karena kita akan ganti bahan bakarnya dengan karet! Hmm.. Memang bisa? Yuk, buktikan sendiri, insinyur cilik!

Cari dan siapkan alat dan bahan berikut ini di rumahmu.


- Kertas
- Playdough / lilin mainan
- Lem / perekat
- Kotak kemasan
- Tusuk sate (2 buah)
- Spidol / pensil
- Tutup botol (4 buah)
- Karet gelang
- Selotip
- Gunting


Semua sudah siap? Simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini.



Lihat video di atas untuk lebih jelasnya

Membuat desain mobil.
1. Ambil spidol / pensilmu, buatlah gambar desain mobil yang kamu inginkan di selembar kertas. Agar lebih menarik, kamu bisa juga mewarnai gambar mobilmu sekreatif mungkin!
2. Salin gambar desain mobilmu ke kertas lainnya, sehingga kamu memiliki 2 gambar desain mobil yang sama.

Membuat prototipe (model) mobil. [Bagian 1].
3. Gunting kedua gambar desain mobilmu dan rekatkan masing-masing gambar desain mobilmu ke sisi kotak kemasan. Pastikan bagian depan gambar mobilmu tepat berada di ujung kotak kemasan (lihat video, menit 0:28).
4. Gunting kotak kemasan mengikuti gambar desain mobilmu (lihat video). Lalu gunting dan sesuaikan bagian atap mobilmu. Gunakan selotip untuk menyesuaikan bagian atap mobil (lihat video, menit 01:04).

Membuat 'mesin' tenaga karet.
5. Buatlah bentuk persegi panjang dari sisa kotak kemasan yang kamu gunting. Ukuran persegi panjangnya menyesuaikan bagian depan mobilmu (lihat video, menit 01:14). Lubangi bagian tengah persegi panjang tersebut dengan pensil.
6. Ambil karet gelangmu, gunting salah satu ujungnya. Masukkan karet tersebut ke lubang pada persegi panjang.
7. Ambil tusuk sate, patahkan ujungnya.
8. Ikatkan ujung karetmu ke patahan ujung tusuk sate (lihat video, menit 01:31). Tarik ujung karet lainnya untuk memastikan 'mesin' tenaga karetmu dapat bekerja.
9. Rekatkan persegi panjang 'mesin' tenaga karetmu ke bagian depan mobilmu (lihat video, menit 01:43). Tarik ujung karet hingga ke bagian belakang mobil. Buatlah lingkaran kecil di ujung karetmu (lihat video, menit 03:13).
Nah, 'mesin' tenaga karetmu sudah siap untuk bekerja!

Membuat prototipe (model) mobil. [Bagian 2].
Sekarang, ayo kita selesaikan prototipe mobilnya.
10. Ambil satu tutup botol. Perkirakan letak roda mobilmu dengan tutup botol. Lalu lubangi bagian mobil yang akan menjadi roda mobilmu. Kita sedang membuat lubang untuk batang roda mobil.
11. Tusukkan tusuk satemu ke dalam lubang roda tersebut hingga menembus sisi mobil yang satunya. Lakukan hal yang sama untuk keempat roda mobilmu. (lihat video, menit 01:56).
12. Patahkan seujung kecil tusuk sate. Rekatkan ujung kecil tusuk sate tersebut dengan lem tepat ke bagian tengah batang roda mobilmu yang terbuat dari tusuk sate. Pastikan ujung kecil tusuk sate tersebut dapat berputar dengan bebas ketika kamu putar batang roda bagian belakang mobilmu (lihat video, menit 02:13).
13. Lubangi keempat tutup botol tepat di bagian tengahnya. Ingat, tepat di bagian tengahnya agar roda mobilmu dapat berputar dengan sempurna.
14. Pasang keempat tutup botol (roda mobil) tersebut ke setiap ujung tusuk sate (batang roda). Lihat, mobilmu sudah memiliki roda!
15. Gunting atau patahkan kelebihan panjang tusuk sate, lalu rekatkan tusuk sate dengan tutup botol menggunakan lem/perekat. Sekarang, keempat roda mobilmu sudah sempurna. Maju mundurkan mobil untuk melihat apakah roda mobilmu bekerja dengan baik.
16. Lipat bagian depan mobilmu sehingga mobilmu tertutup dengan rapi (lihat video, menit 02:55). Kamu bisa juga menggunakan plastik transparan untuk menutupi kaca mobilmu agar terlihat lebih rapi.
17. Gunting bagian belakang mobilmu dan sisakan sedikit tutup pada bagian bawah (lihat video, menit 03:05). Mengapa bagian belakang mobil tidak tertutup? Karena kita akan memasukkan tangan ke dalam mobil lewat bagian belakang mobil untuk membuat 'mesin' tenaga karetnya bekerja di dalam mobil.

Menghidupkan 'mesin' tenaga karet.
Nah, prototipe mobilmu sudah siap. Mesin tenaga karetmu juga sudah siap. Saatnya menghidupkan mobilmu!
18. Ambil lingkaran kecil ujung karet (yang kamu buat di langkah #9), lalu masukkan lingkaran karet tersebut ke ujung kecil tusuk sate di tengah batang roda bagian belakang (yang kamu buat di langkan #15).
19. Putar roda belakang mobilmu ke arah belakang. Ingat, putar ke arah belakang! Saat kamu memutar roda belakang mobil ke arah belakang, kamu tentu dapat melihat karetnya terlilit di batang roda (tusuk sate) bagian belakang. Putar terus hingga kamu merasakan putarannya menjadi berat atau kencang.
20. Tahan roda bagian belakang mobilmu. Jangan lepaskan taganmu dari roda bagian belakang yang baru saja kamu putar.
21. Ayo cari jalanan untuk mobilmu meluncur. Misalnya, lantai keramik di dalam rumahmu, di teras, atau di garasi.
22. Letakkan mobilmu di lantai, berikan pemberat di bagian belakang mobilmu dengan playdough / lilin mainan.

Nah, mobilmu siap meluncur.
Lepaskan tanganmu dari roda belakang mobil, dan lihat mobilmu meluncur!
Mesin tenaga karetmu bekerja dengan baik!

KOK BISA YA?

Rahasianya... energi potensial dan energi kinetik!

Mobil dan kendaraan lainnya membutuhkan energi untuk bergerak. Dalam kehidupan sehari-hari, mobil yang kita lihat atau gunakan menggunakan bahan bakar (bensin) sebagai energinya. Pada proyek insinyurmu (engineering project) kali ini, kita mengganti energi dari bensin dengan energi dari putaran karet.

Saat kamu memutar roda belakang mobilmu, karet juga akan ikut berputar dan terpilin ke batang roda (tusuk sate). Pilinan / lilitan dan regangan karet ini menghasilkan energi potensial. Iya, ada energi potensial yang tersimpan di dalam lilitan karet tersebut. Energi potensial merupakan energi yang memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan di kemudian waktu, tapi tidak melakukan pekerjaan saat ini (sekarang juga). Semakin banyak pilinan atau lilitan karet yang kamu buat, maka semakin besar energi potensial yang kamu hasilkan.

Nah, ketika kamu melepaskan mobilmu di lantai, karet di dalam mobilmu akan berputar kembali ke keadaan semula. Pada saat karet berputar ke keadaan semula itulah, energi potensial pada lilitan karet yang diam berubah menjadi energi kinetik. Energi kinetik adalah energi yang terdapat dalam benda yang bergerak.

Bagaimana? Seru kan belajar sains sambil menjadi insinyur pembuat mobil?

Selamat bermain insinyur cilik :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...