Monday, September 5, 2016

Percobaan Sains Anak: Memancing Es Batu



Halo STEAMers! Pak Koko punya tantangan sains nih. Hanya dengan selembar benang, bisakah kalian memancing es batu dan mengangkatnya? Hmm.. Yuk, ikuti trik sulap sains "Memancing Es Batu" di bawah ini. Lalu tunjukkan ke orangtua dan teman-temanmu!

Alat dan bahan yang kamu butuhkan.
- Es Batu
- Wadah (piring/mangkuk kecil)
- Benang
- Garam




Berikut langkah-langkahnya:
1. Letakkan es batu di atas wadah.
2. Ambil selembar benang dan arahkan ujung benang ke salah satu es batu. Coba angkat benangmu, seperti sedang memancing. Apakah kamu berhasil mengangkat es batu nya?

Nah, sekarang coba lagi dengan sedikit berbeda.
3. Arahkan ujung benang hingga menyentuh salau satu es batu.
4. Taburkan garam ke atas es batu dan ujung benangmu (lebih jelasnya, lihat video).
5. Tunggu beberapa detik, atau 1 menit.
6. Coba angkat benangmu perlahan-lahan... dan lihat! Apakah kamu berhasil memancing es batu?




KOK BISA YA?

Sssstttt... Rahasianya.... Titik beku air!

Apa sih titik beku air?
Titik beku air adalah suatu keadaan dimana air yang berwujud cairan berubah menjadi es, atau disebut juga membeku. Air membeku pada suhu 0 derajat Celcius. Jadi, titik beku air adalah 0 derajat Celcius. Seperti apa sih keadaan suhu 0 derajat Celcius? Coba kamu buka kulkas dan masukkan tanganmu ke dalamnya, kamu sedang merasakan suhu kira-kira 4 derajat Celcius. Nah, coba kamu buka freezer kulkasmu dan masukkan tanganmu ke dalamnya selama beberapa detik. Tanganmu di dalam freezer kulkas sedang merasakan suhu 0 derajat Celcius, atau mungkin lebih dingin lagi. (Hati-hati jangan terlalu lama, jari-jarimu bisa membeku! Bahaya!). Semakin dingin suhu, angka derajat Celcius nya akan semakin kecil. Angka 0 lebih dingin dari 4 derajat Celcius.
.
Jika kamu masukkan segelas air ke dalam kulkas, airmu hanya akan menjadi dingin sekali, tapi tidak membeku menjadi es batu. Tetap berbentuk air, dan dapat kamu minum. Kenapa? Karena suhu di dalam kulkas hanya sekitar 4 derajat Celcius. Tapi, jika kamu masukkan segelas air ke dalam freezer, airmu bisa menjadi es batu karena suhunya mencapai 0 derajat Celcius (titik beku air). Jadi airmu membeku.

Lalu kenapa benangmu bisa mengangkat es batu? Karena kamu taburkan garam!
Garam yang kamu taburkan ke atas ujung benang yang menempel ke es batu, mengubah titik beku air menjadi lebih kecil lagi dari 0 derajat Celcius (hingga angka derajat Celciusnya minus). Misalnya, minus 5 derajat Celcius (-5 C). Artinya, air baru bisa membeku kalau suhunya -5 C. Sehingga es batu yang suhunya 0 derajat Celcius jadi mencair bagian permukaannya. Bagian atas es batu yang mencair itu bersatu dengan garam dan ujung benang. Lalu dengan cepat membeku kembali. Sehingga, benangnya sudah terikat di dalam campuran es dan larutan garam yang mengeras/membeku. Saat kamu angkat benangmu, es batu akan ikut terangkat! Memancing es batu berhasil!

Ingat, lama-kelamaan es batu akan mencair karena suhu hangat di sekitarmu saat kamu memancing es batu. Ketika es batu terkena suhu hangat dan mencair, maka benangmu akan terlepas kembali dari es batu. Tapi jangan khawatir, kamu bisa coba taburkan garam lagi ke es batu lainnya, dan tunjukkan trik sulap sains mu ke orangtua dan temanmu. Hihi.

Selamat bermain sains!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...